Silaturrahim dan Konsolidasi Nasional FKPM Salafiyah di Kajen Pati

  • 6 Januari 2021
  • 1,051 views
Silaturrahim dan Konsolidasi Nasional FKPM Salafiyah di Kajen Pati

PATI – Forum Komunikasi Pesantren Muadalah (FKPM) Salafiyah menyelenggarakan acara Silaturahim dan Konsolidasi Nasional di Perguruan Islam Mathali’ul Falah Kajen Mergoyoso Pati Jawa Tengah pada Sabtu-Ahad (16-17/3).

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mempererat tali silaturahim dan memperkuat jaringan Pesantren Muadalah pada jenis Salafiyah. Acara dihadiri oleh pesantren-pesantren muadalah salafiyah se-Indonesia yang tergabung dalam FKPM-Salafiyah.

Acara diselenggarakan di salah satu Pesantren Muadalah salafiyah yakni Perguruan Islam Mathali’ul Falah Kajen Mergoyoso Pati Jawa Tengah. Sebuah Madrasah yang dikelilingi pondok-pondok dan masih satu yayasan dengan Pesantren Maslahul Huda asuhan Alm. KH. Sahal Mahfudz, Rais ‘Aam PBNU.

Sengaja acara digelar di madrasah ini mengingat Perguruan Islam Mathali’ul Falah merupakan miqat zamani dan makani (meminjam istilah KH. lukman Harits Dimyati) Pesantren Muadalah sehingga merupakan moment yang tepat jika pertemuan perdana berlokasi di sini.

Dikutip dari Sekjen FKPM, KH. Lukman Harits Dimyathi yang juga salah seorang Pengasuh Pondok Termas Pacitan beliau mengatakan, “Pertemuan serupa harus terus diupayakan dan terlaksana secara berkala, agar eksistensi SPM-Salafiyah tetap terlihat”.

“Selain itu, kesemangatan para peserta juga agar sama dengan kesemangatan yang dibangun oleh SPM-Ashiriyyah”. Imbuhnya pada saat membuka acara ini.

Setelah pembukaan usai, para peserta dijamu oleh salah satu dzurriyah Mathali’ul Falah, KH. Muadz Thohir di kediaman beliau sesaat setelah shalat Maghrib di lokasi acara, baru kemudian masuk pada acara-acara selanjutnya sebagaimana rundown acara.

Beberapa agenda besar menjadi pembahasan pada kegiatan tersebut, sesi pertama adalah sharing tentang keadaan dan problematika masing-masing SPM Salafiyah, setelah itu dilanjutkan pada pembentukan struktur kepengurusan FKPM-Salafiyah. KH. Ahmad Taufiq AR dari Pesantren Salafiyah Bayt al-Hikmah Pasuruan dipercaya untuk menahkodai FKPM Salafiyah ini.

Bergeser pada sesi II yaitu kajian ditekankan pada penyusunan gambaran instrumen akreditasi pada SPM Salafiyah. Setelah itu beberapa poin dalam hasil rapat tersebut dimasukkan dalam DEKLARASI KAJEN yang akan disampaikan ke Kementerian Agama dan Pengurus FKPM.

Sebelum acara berakhir, pembahasan mengarah pada program kerja FKPM Salafiyah berikutnya, terfokus pada bidang divisi kerjasama dan advokasi. Pada pertemuan 4 bulan berikutnya, forum serupa akan diadakan di Pondok Salafiyah Pasuruan.

Acara konsolidasi diselenggarakan pada Sabtu-Ahad, 16-17 Maret 2019 dan dihadiri oleh 22 dari 33 undangan SPM Salafiyah se-Indonesia.

Ditulis oleh: admin

Konten Terkait